Tips obati sariawan tanpa takut perih

25 February 2021 | Joo Izzi

Seseorang bisa mengalami sariawan (ulkus) antara 3-6 kali per tahun. Meski sering menimbulkan rasa sakit yang menyiksa, namun ulkus biasanya dapat diobati sendiri di rumah. Akan tetapi, banyak orang enggan menerapkan obat sariawan karena takut perih.

Untungnya, saat ini sudah ada obat sariawan tidak perih yang bisa digunakan oleh anak-anak mulai usia 6 bulan, orang dewasa atau manula, hingga ibu hamil dan menyusui. Apa jenis obat sariawan yang ampuh dan tidak menyebabkan rasa perih tersebut? berikut adalah beberapa jenis obat yang bisa Anda coba.

Obati Sariawan Tidak Perih

Meski sariawan bisa sembuh tanpa diobati dalam waktu antara 7 hingga 14 hari. Namun, siapakah yang bisa tahan menanggung rasa sakit dan ketidaknyamanan selama itu?

Meski hanya berbentuk luka kecil, sariawan bisa sangat perih dan menyakitkan. Untuk mengatasi rasa perih yang menjengkelkan tersebut. Tips mengobati sariawan tanpa takut perih berikut ini bisa dicoba.

1. Konsumsi suplemen vitamin B12

Vitamin B12 adalah Vitamin esensial yang memainkan peranan penting dalam menciptakan sel darah merah dan mendukung fungsi otak serta sistem saraf.

Sebuah studi pada tahun 2015 menemukan bahwa, mengkonsumsi suplemen vitamin B12 bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada sariawan secara signifikan.

Vitamin B12 bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan. Mulai dari seafood seperti kerang dan kepiting, hingga ikan sarden dan ikan tuna.

Selain seafood, vitamin B12 juga bisa didapatkan dari daging merah seperti daging sapi. Sumber vitamin B12 lainnya adalah, susu, yogurt, telur, dan daging ayam.

2. Minum teh camomile dan madu

Secara historis, baik madu maupun camomile, kedua-duanya telah digunakan sebagai obat dan untuk menjaga kesehatan sejak dahulu kala.

Obat sariawan tidak perih ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat sariawan. Karena madu memiliki sifat antiseptik dan kandungan anti-inflasi pada camomile.

Cara mengobati sariawan menggunakan teh camomile adalah, dengan menggunakannya untuk berkumur-kumur setelah teh cukup dingin.

Selain itu, kantong teh camomile yang sudah direndam dengan air hangat juga bisa digunakan untuk mengolesi lesi.

Teh camomile bisa dengan mudah diperoleh dengan membeli di toko online. Begitu juga dengan madu, juga bisa diperoleh dengan mudah di toko-toko obat atau toko yang menjual bahan makanan.

3. Menghindari makanan pemicu perih

Cara alami, ada beberapa makanan yang dapat memicu rasa perih ketika menyentuh luka terbuka. Misalnya, makanan pedas seperti sambal, makanan-makanan yang asin atau banyak mengandung garam, serta makanan yang asam.

Selain bisa menimbulkan rasa perih, makanan-makanan tersebut juga bisa menyebabkan iritasi pada lesi dan dapat memperlambat proses penyembuhan sariawan.

Selain makanan yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu menghindari makanan atau minuman yang terlalu panas dan makanan yang kasar seperti roti kering atau keripik singkong.

4. Aloe vera atau tanaman lidah buaya

Jika kebetulan punya tanaman lidah buaya di rumah. Anda bisa mengambil gel-nya untuk dioleskan ke bagian luka sariawan agar iritasi reda, serta untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit.

5. Menempelkan es batu ke lesi

Es batu yang sangat dingin apabila ditempelkan di area lesi bisa menyebabkan bagian sekitar lesi jadi mati rasa. 

Namun sebelum anda mengurangi sensasi perih pada luka dengan menggunakan es batu, cobalah untuk mencairkannya sebentar sebelum digunakan, agar tidak terlalu kasar dan lengket.

6. Obat sariawan tidak perih

Aloclair adalah contoh obat bebas yang terkenal ampuh atasi sariawan dan tidak menimbulkan rasa perih ketika diaplikasikan. Karena itu, tidak mengherankan apabila obat ini dipercaya di lebih dari 60 negara dan tersedia juga di Indonesia.

Aloclair bisa melapisi dan melindungi ulkus hanya dalam waktu sekitar 3 menit. Perlindungan tersebut akan membuat luka tidak lagi terasa perih ketika digunakan berbicara ataupun makan dan minum.

Selain tidak mengandung alkohol, obat ini juga terbuat dari bahan-bahan alami yang memang dikenal sebagai obat terbaik untuk sariawan. Seperti, bahan ekstrak aloe vera (lidah buaya), akar manis, serta ekstrak kayu manis.

Obat Sariawan Aloclair Plus

Untuk mengobati sariawan pada anak yang belum bisa berkumur,  Aloclair Gel atau Spray adalah pilihan tepat. Karena tipe gel telah dilengkapi dengan wadah yang dapat membantu menjangkau lesi di area-area yang sulit dan dalam. Begitu juga dengan model spray,  bisa langsung digunakan untuk menyemprot sariawan.

Bagi Anda yang sering mengalami sariawan jenis ulserasi herpetiformis. Yaitu, sariawan yang jumlahnya sangat banyak. Sebaiknya selalu sediakan Aloclair Mouthwash. Obat sariawan kumur ini ampuh menghilangkan rasa perih, mempercepat penyembuhan, dan mencegah infeksi.

Menyediakan Aloclair di rumah adalah pilihan bijak. Pasalnya, obat sariawan tidak perih ini bisa diterapkan pada anak usia 6 bulan keatas, manula, serta aman juga digunakan oleh ibu hamil atau ibu menyusui.

 

Sumber:

NCBI: Recurrent Aphthous Stomatitis
NHSInform: Mouth ulcer
Halodoc: Cara Mengobati Sariawan Tanpa Rasa Perih


Artikel

Artikel Lainnya