Tidak Semua Lesi Mulut itu Sariawan, Kenali Jenis dan Penanganannya!

28 April 2024 | Admin

Lesi mulut adalah istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan berbagai masalah atau gangguan yang terjadi di dalam mulut. Meskipun sariawan adalah salah satu jenis lesi mulut yang paling umum, namun ada banyak jenis lainnya yang perlu kita kenali. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang apa itu lesi mulut, jenis-jenis dan cara penanganannya.

Apa Itu Lesi Mulut?

Lesi mulut adalah istilah umum yang mencakup berbagai kondisi atau masalah yang memengaruhi jaringan di dalam mulut, termasuk bibir, lidah, pipi bagian dalam, gusi, dan langit-langit mulut. Lesi ini bisa berupa perubahan warna, bercak, luka, atau benjolan yang muncul di area tersebut.

Sariawan Termasuk Lesi Mulut Paling Umum

Sariawan adalah salah satu jenis lesi mulut yang paling umum. Istilah medis untuk sariawan adalah stomatitis aftosa. Sariawan biasanya muncul sebagai bercak putih atau merah yang terasa sakit di dalam mulut, seperti di lidah, bibir, atau pipi bagian dalam.

Jenis-Jenis Lesi Mulut dan Penanganannya

  1. Sariawan (Stomatitis Aftosa)

Sariawan merupakan lesi mulut yang ditandai dengan bercak putih atau merah yang terasa sakit di dalam mulut, baik di bagian bibir, lidah maupun rongga pipi. Sariawan dapat di atas dengan:

  1. Herpes Bibir (Herpes Labialis)

Herpes bibir merupakan lesi mulut yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks di sekitar batas area bibir. Umumnya herpes bibir menyebar melalui kontak pribadi yang dekat, seperti berciuman. Cara menangani lesi mulut ini, antara lain:

  1. Leukoplakia

Leukoplakia adalah kondisi di mana terbentuknya bercak putih atau abu-abu pada jaringan dalam mulut yang mirip seperti sariawan. Dilansir dari halodoc.com, penyebab umum leukoplakia belum dapat dipastikan hingga saat ini. Namun, beberapa cara berikut ini dapat menangani leukoplakia, di antaranya:

  1. Kandidiasis Mulut (Candidiasis Oral)

Lesi mulut ini disebabkan oleh jamur Candida Albicans, yang terakumulasi di dalam mulut. Seringkali umum terjadi pada bayi, orang dengan defisiensi imunitas dan mereka yang menggunakan steroid untuk asma. Kandidiasis memiliki gejala, seperti bercak putih atau kuning di lidah, bibir, gusi dan langit-langit mulut. Cara menangani lesi ini adalah dengan:

Nah, itu dia beberapa jenis lesi mulut dan penanganannya. Meskipun sariawan adalah jenis lesi mulut yang paling umum, namun ada banyak jenis lainnya yang perlu kita kenali. Penting untuk mengidentifikasi jenis lesi mulut yang kita alami dan mengambil langkah-langkah penanganan yang sesuai untuk meredakan gejalanya. Salam sehat selalu.

Baca Juga Artikel Lainnya:


Artikel

Artikel Lainnya