Tips Jagoan Keluarga ala Aloclair Plus

27 December 2021

Mengurus kesehatan anak dan keluarga sehari-hari emang ga mudah, apa lagi ditengah kesibukan moms yang lainnya! Dalam rangka hari ibu, Aloclair Plus menanyakan tips jagoan para moms andalan untuk mengurus kesehatan mulut anak sehari-hari. Kaya gimana sih tips-tips dari mereka? Simak disini ya!

Biasakan Rutinitas Sikat Gigi Sejak Dini

Kebiasaan anak ditentukan oleh bagaimana orang tua membiasakan sejak dini. Jika ingin anak untuk rajin menyikat gigi dan memiliki kebiasaan baik maka ajarkan sejak dini. Saat anak sudah mulai tumbuh gigi susu biasakan menyikat dengan rutinitas yang jelas, pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Hal ini bisa membentuk kebiasaan yang baik bagi anak untuk mulai dikenalkan dengan sikat gigi dan kebersihan. Jika sudah mulai besar dan bisa sendiri maka lanjutkan kebiasaan tersebut agar anak belajar bertanggung jawab atas kebersihan dan kesehatan sendiri

Batasi Konsumsi Makanan Manis

Hampir semua anak menyenangi makanan yang manis-manis seperti permen, aneka cake, cokelat, gulali, dan sebagainya, kandungan gula yang tinggi pada makanan tersebut bisa mengancam kesehatan gigi anak. Sisa gula yang tertinggal di dalam mulut akan diubah oleh kuman plak menjadi asam. Kemudian, permukaan gigi yang terkena oleh asam tersebut akan larut. Akhirnya, timbul masalah gigi berlubang dan pembusukan gigi. Membatasi dan mengatur diet anak merupakan salah satu upaya pencegahannya, mengatur jumlah makanan manis dan yang kurang bergizi ke anak adalah salah satu cara untuk menghindari permasalahan di kemudian hari. Dengan mengatur ini, bahkan ketika lebih dewasa anak akan jadi terbiasa untuk tidak bergantung pada makanan-makanan kurang sehat seperti ini. Biasanya hal ini bisa mulai diperkenalkan pada anak di umur 3-4.

Gunakan Sikat Gigi Menarik dan Pasta Gigi Rasa

Jika anak sulit untuk menyikat gigi, moms bisa menggunakan berbagai pilihan sikat gigi dan pasta gigi agar aktivitas itu terlihat menarik pada anak-anak. Menggunakan sikat gigi yang menarik berbentuk lucu ataupun berwarna bisa membantu anak untuk lebih rajin sikat gigi. Selain itu pasta gigi rasa yang tidak terlalu tajam di lidah anak juga akan membuat anak lebih senang ketika menyikat gigi. Namun perlu diperhatikan juga jangan sampai anak menelan atau memakan pasta gigi, walaupun itu relatif aman namun bisa memberikan efek yang kurang baik apabila anak menelan terlalu banyak fluoride. 

Artikel

Artikel Lainnya