Pedas Lada Bisa Sembuhkan Sariawan? Cek Faktanya Berikut! 

12 March 2024 | Admin

Sariawan, luka kecil di mulut yang sering kali mengganggu, rasa perih dan panas di mulut dapat mengganggu aktivitas makan. Banyak orang terutama masyarakat kita yang seringkali mengatasi sariawan dengan berbagai cara tradisional, salah satunya dengan lada. Sensasi pedas lada dipercaya mampu meredakan rasa perih dan mempercepat penyembuhan. Namun, benarkah demikian?

Lada mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang memberikan rasa pedas dan memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Secara teori, capsaicin dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada luka sariawan.

Namun, perlu diingat bahwa capsaicin juga dapat mengiritasi luka sariawan, menyebabkan rasa perih yang semakin parah. Faktanya, cabai rawit dan lada tidak efektif menyembuhkan sariawan, bahkan dapat memperparah kondisinya. Kandungan capsaicin pada cabai rawit dan lada bersifat mengiritasi yang dapat memperparah rasa perih di mulut.

Lalu, Apa Cara yang Tepat untuk Mengatasi Sariawan?

Ada berbagai cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sariawan, beberapa di antaranya adalah:

Pengobatan Medis

Salah satu pengobatan yang sangat dianjurkan ketika sariawan adalah melalui pengobatan secara medis dengan obat sariawan. Aloclair Plus mempunyai 3 varian obat sariawan yang mudah untuk diaplikasikan sesuai kebutuhan, antara lain:

Perawatan Alami

Selain perawatan secara klinis, kita juga bisa memanfaatkan perawatan secara alami dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar kita, antara lain:

Pencegahan

Lebih baik mencegah daripada mengobati, sebuah peribahasa yang tepat untuk mengatasi sariawan sedini mungkin. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi sariawan sedini mungkin, di antaranya:

Semoga penjelasan kali ini dapat menjawab pertanyaan “Apakah lada dapat menyembuhkan sariawan?” serta memberikan informasi tentang cara mengatasi sariawan dan pengobatan-pengobatan yang dapat dilakukan ketika sedang mengalami sariawan.


Artikel

Artikel Lainnya