Lima Makanan Sehat untuk Si Kecil yang Sedang Sariawan

13 May 2022

Hai Moms! Ketika sariawan, biasanya nafsu dan keinginan makan si kecil berkurang karena rasa sakit di mulut yang membuat tidak nyaman saat mengunyah. Oleh karena itu, Moms perlu mengetahui beberapa makanan untuk si kecil yang sedang sariawan agar nafsu dan keinginan makannya kembali meningkat. 


Sariawan atau dalam istilah medisnya disebut stomatitis adalah peradangan yang terjadi pada mulut. Kondisi ini dapat terjadi pada semua kalangan, baik anak-anak hingga orang dewasa. Sariawan ditandai dengan adanya lepuhan yang menyakitkan di area mulut atau di bibir. Oleh karena itu, Moms perlu memperhatikan apa saja makanan untuk anak sariawan yang nyaman di mulut. Jika tidak, makanan tersebut akan membuat sariawan yang dialami si kecil semakin parah.


Jika si kecil mengalami sariawan, maka Moms dapat memberikan jenis makanan yang lunak dan bertekstur lembut seperti di bawah ini agar si kecil tetap nafsu makan.


  1. Smoothies 

Selain lunak dan bertekstur lembut, smoothies juga merupakan salah satu makanan sehat untuk si kecil yang sedang sariawan. Hal tersebut dikarenakan smoothies dapat diracik dengan kandungan buah dan sayur seperti jeruk, mangga, semangka, brokoli dan bayam yang sangat baik dikonsumsi saat si kecil sariawan. Racik buah-buahan dalam bentuk smoothies sehingga si kecil dapat langsung meminumnya. Sebaiknya, Moms memilih buah-buahan yang memiliki tekstur empuk, tinggi kandungan air dan memiliki rasa manis.


  1. Sup Hangat 

Sup hangat juga termasuk makanan yang baik untuk dikonsumsi ketika si kecil sedang sariawan. Sebab, sup hangat mengandung beberapa sayuran hijau di dalamnya dengan nutrisi penting yang juga dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan si kecil. Sebaiknya, Moms jangan menyajikannya terlalu panas ya!  


  1. Yoghurt 

Makanan satu ini juga dapat menjadi alternatif ketika si kecil sedang sariawan ya Moms. Dengan tekstur yang lembut dan lunak, yoghurt sangat bersahabat untuk dikonsumsi si kecil yang sedang sariawan. Selain itu, yoghurt juga mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, kalium, fosfor, zinc, magnesium, selenium, serta vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.


  1. Puding 

Terbuat dari agar-agar dan susu, puding memiliki varian rasa seperti vanila, cokelat, stroberi, dan sebagainya. Sehingga tidak heran juga bila si kecil pun menyukai makanan yang satu ini. Selain itu, teksturnya yang lembut dan lunak juga membantu mengurangi rasa sakit sariawan si kecil ketika mengonsumsi makanan yang satu ini. Puding juga mengandung kalsium, vitamin dan mineral serta protein yang baik untuk kesehatan tubuh si kecil. 


  1. Buah-buahan

Buah-buahan juga dapat menjadi alternatif bagi si kecil yang sedang sariawan ya Moms! Sebab buah-buahan seperti mangga, pepaya dan belimbing memiliki tekstur lembut dan lunak yang nyaman untuk dikonsumsi si kecil yang sedang sariawan serta mengandung banyak vitamin dan mineral. 


Nah itu dia 5 makanan dengan tekstur lembut dan lunak serta sehat untuk konsumsi si kecil yang sedang sariawan. Makanan-makanan tersebut juga dapat meningkatkan kembali nafsu makan si kecil. Jika sariawan mulai menyerang si kecil, selalu gunakan obat sariawan yang berkualitas seperti Aloclair Plus ya Moms! Sebab Aloclair Plus nyaman dipakai untuk sariawan dan aman digunakan untuk anak usia 2 bulan hingga orang dewasa. Dengan kandungan bahan alami aloe vera, tersedia dalam 3 varian (Mouthwash, Gel dan Spray) yang tentunya #BebasPerih atasi sariawan si kecil! Dapatkan Aloclair Plus di ecommerce favorit Moms atau semudah klik di sini!

Artikel

Artikel Lainnya