Kebiasaan Kecil Anak yang Dapat Merusak Mulut

27 December 2021

Kebiasaan Kecil Anak yang Dapat Merusak Mulut

Anak kecil memiliki kebiasaan-kebiasaan kecil yang seringkali mereka lakukan tanpa sadar. Sebagian besar tidak berpengaruh namun ada beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu kesehatan mulut, terlebih lagi jika dilakukan sejak usia dini. Selain dari menjaga kesehatan anak, sebagai orang tua juga harus mengenalkan kebiasaan baik kepada anak dan menghilangkan kebiasaan buruk. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan mulut.

Mengemut Makanan

Beberapa anak memiliki kebiasaan mengemut makanan seringkali karena malas mengunyah. Perhatikan jenis makanan juga yang diemut oleh anak, apabila karbohidrat itu sama saja memberi makan bakteri di dalam mulut. Akibatnya, bakteri akan berfermentasi dan menghasilkan asam yang perlahan dapat merusak gigi, ini yang biasanya menyebabkan gigi busuk pada gigi susu anak. Selain itu, kebiasaan mengemut makanan ini bisa membuat rahang si kecil tidak dapat berkembang dengan optimal. Menggerakkan rahang akan merangsang pertumbuhan rahang, sehingga sesuai dengan ukuran gigi tetap yang lebih besar daripada gigi susu. Gerak rahang yang tidak optimal juga bisa mengganggu kemampuan anak untuk berbicara

Menghisap Jempol

Menghisap jempol adalah kebiasaan yang perlu diwaspadai oleh orang tua. Kebiasaan ini tak selalu mengkhawatirkan, sebagian anak melakukannya dalam waktu singkat. Namun, jika itu dilakukan dalam waktu lama, itu bisa merusak susunan gigi. Bila anak dibiarkan terus-menerus menghisap jempolnya, kebiasaan yang disebut sebagai thumb sucking ini bisa membuat pertumbuhan gigi dan kontur rahang menjadi tidak proporsional dan optimal. Akibatnya, bisa terjadi gigi tidak rata. Gigi atas akan terdorong ke arah depan, membuat gigi anak jadi lebih maju dari yang seharusnya alias tonggos. Tak cuma itu, langit-langit mulut akan berubah menjadi lebih dalam. Bila dibiarkan, kondisi tersebut bisa berdampak pada proses mengunyah makanan pada anak.

Menghisap Dot atau Empeng Berkepanjangan

Sama seperti menghisap ibu jari, mengisap dot atau empeng adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan anak. Penggunaan dot atau empeng secara terus-menerus bisa mempengaruhi kesehatan mulut anak, yang mana bisa membuat perkembangan gigi dan rahang yang normal jadi terganggu. Banyak anak tumbuh dengan kebiasaan menyusu di malam hari sampai tertidur, menggunakan botol. Beberapa ibu menganggapnya tidak berbahaya tetapi kebiasaan ini dapat merusak gigi depan dan menyebabkan gigi membusuk terutama di gigi depan dengan gejala gigi menghitam dan membusuk. Hal ini dapat menyebabkan perawatan gigi ekstensif sulit di usia muda.


Artikel

Artikel Lainnya