Cara Mengobati dan Menyembuhkan Sariawan

09 March 2021 | Joo Izzi

Walaupun sariawan bisa sembuh sendiri tanpa diobati. Namun mengambil tindakan pengobatan akan lebih baik. Pasalnya, ada banyak cara mengobati sariawan agar cepat sembuh. Bahkan, saat ini sudah ada obat sariawan yang bisa langsung menghilangkan rasa perih--yang efeknya bisa langsung dirasakan sesaat setelah obat diaplikasikan.

Agar sariawan cepat sembuh dan tidak lagi terasa perih saat berbicara dan makan. Cobalah untuk menerapkan berapa cara mengobati sariawan berikut ini.

Cara Mengobati Sariawan agar Cepat Sembuh

Berikut adalah sejumlah rekomendasi cara menyembuhkan sariawan yang aman. Baik menggunakan bahan alami, atau pun menggunakan obat sariawan formula medis.

1. Kumur-kumur

Kumur-kumur untuk menyembuhkan sariawan pada umumnya hanya diterapkan pada anak-anak yang sudah bisa berkumur serta orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak yang belum bisa berkumur, sebaiknya menggunakan obat sariawan berbentuk gel. Berikut adalah beberapa bahan alami dan obat yang bisa digunakan untuk berkumur-kumur agar sariawan cepat sembuh.

  1. Berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam hanya direkomendasikan untuk remaja dan orang dewasa. Karena air garam dapat menimbulkan rasa perih sehingga tidak begitu cocok apabila diterapkan untuk anak-anak.
  2. Menggunakan obat kumur yang mengandung steroid dexamethasone. Obat ini biasanya diresepkan oleh dokter untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan atau lidokain yang dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa perih pada luka sariawan.
  3. Berkumur dengan baking soda. Penelitian tahun 2009 menemukan bahwa natrium bikarbonat bisa digunakan sebagai desinfektan alami untuk membasmi candida albicans yang ditengarai menjadi salah satu penyebab infeksi pada lidah, bibir, dan gusi, serta menyebabkan rasa nyeri saat menelan dan kulit pecah-pecah di sudut mulut. Cara menyembuhkan sariawan dengan baking soda sangat mudah. Anda hanya perlu melarutkan setengah sendok teh baking soda ke dalam 1 gelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur-kumur.
  4. Kumur-kumur dengan cuka sari apel. Selain menggunakan baking soda, sariawan juga bisa diatasi menggunakan cuka sari apel. Cara menggunakan cuka sari apel untuk mengatasi ulkus mulut adalah: campurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan segelas air lalu gunakan untuk berkumur-kumur beberapa kali selama 15 detik.
  5. Aloclair mouthwash. Ini adalah obat sariawan yang paling direkomendasikan. Karena selain ampuh, obat ini juga tidak menyebabkan perih, tidak mengandung alkohol, serta bisa membantu melindungi luka dan mengurangi rasa perih pada luka.

2. Obat tropical

Yang termasuk obat topikal untuk sariawan bisa berupa, produk over-the-counter seperti gel atau cairan yang digunakan dengan cara dioleskan langsung pada luka untuk membantu meredakan rasa nyeri serta mempercepat proses penyembuhan.

Beberapa produk tropical ada yang mengandung bahan aktif seperti benzokain, fluocinonide, hingga hidrogen peroksida. Di samping itu, tersedia juga obat oles untuk sariawan yang tidak mengandung bahan aktif.

Aloclair Gel adalah contoh obat sariawan over-the-counter yang direkomendasikan. Obat ini aman digunakan oleh anak usia 6 bulan keatas maupun ibu hamil. Selain tidak meninggalkan rasa perih, obat ini juga dikemas dengan wadah khusus yang berfungsi untuk memudahkan kita mengolesi gel langsung pada luka.

Disamping dapat membantu mengatasi stomatitis aftosa atau sariawan, Aloclair Gel juga dikenal bermanfaat untuk mengobati tukak pada rongga mulut, tukak aftosa difus, hingga lesi traumatik akibat penggunaan gigi palsu maupun kawat gigi.

Cara mengobati sariawan dengan menggunakan obat over-the-counter seperti Aloclair gel yang paling efektif adalah: olesi luka dengan satu atau dua tetes gel. Kemudian diamkan selama dua hingga tiga menit agar lapisan pelindung dapat terbentuk dengan sempurna. Fungsinya adalah untuk melindungi luka dari iritasi serta mengurangi rasa nyeri. Sebaiknya hindari juga, makan dan minum selama 30 menit sampai dengan 1 jam setelah obat diaplikasikan.

3. Minum suplemen vitamin

Diantara penyebab munculnya sariawan di mulut adalah kekurangan nutrisi, seperti: vitamin B6, vitamin B12, asam folat, serta seng.

Untuk mengobati serta mencegah sariawan muncul kembali, biasanya dokter juga akan meresepkan suplemen nutrisi mengandung beberapa nutrisi yang telah disebutkan di atas. Selain bisa didapatkan dari suplemen, nutrisi-nutrisi tersebut juga bisa diperoleh dari makanan.

Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B6, B12 serta asam folat dan seng diantaranya adalah: telur, sayuran hijau, buah jeruk, kubis, brokoli, kacang-kacangan, kerang, pepaya, pisang, ati sapi, melon jingga, dan daging.

4. Konsumsi vitamin C

Selain bisa diperoleh dari suplemen, vitamin C juga bisa diperoleh dari makanan. Beberapa contoh makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi diantaranya adalah: buah jeruk, pepaya, strawberry, paprika kuning, mangga, jambu biji, hingga sayur kangkung dan brokoli.

5. Hindari pemicu sariawan

Beberapa contoh makanan yang dapat memicu sariawan atau menyebabkan sariawan jadi sulit sembuh diantaranya adalah, makanan-makanan yang bersifat abrasif serta makanan yang asam dan pedas. Selain itu, hindari menggosok gigi terlalu keras. Serta, hindari juga pasta gigi yang mengandung sodium laureth sulfate (SLS) karena mungkin saja sariawan yang anda alami disebabkan oleh kandungan SLS pada pasta gigi yang Anda gunakan saat ini.

Itulah beberapa cara mengobati sariawan yang efektif agar cepat sembuh. Jika pengobatan dengan menggunakan bahan alami atau obat formulasi medis tidak dapat menyembuhkan sariawan yang anda alami. Jangan ragu untuk mengunjungi dokter atau pusat pelayanan kesehatan terdekat.

 

Sumber:

Alodokter: 4 Obat Sariawan Alami agar Terbebas dari Rasa Perih dan Nyeri
Kompas: 7 Cara Mengobati Sariawan dengan Bahan Alami

Betterhealth: Mouth ulcers
Healthline: What Causes Mouth Ulcers and How to Treat Them


Artikel

Artikel Lainnya