Cara Cepat Menyembuhkan Sariawan Dalam Satu Hari

28 April 2024 | Admin

Ditinjau oleh : dr. Della Sulamita

Sariawan bisa menjadi masalah yang mengganggu, terutama ketika ingin menjalani hari dengan nyaman. Kekhawatiran akan lamanya proses penyembuhan membuat beberapa orang mencari cara cepat agar sariawan bisa sembuh dalam waktu satu hari. Nah, di artikel ini kita akan bahas mengenai cara menyembuhkan sariawan dalam waktu satu hari saja.

Cara Menyembuhkan Sariawan Hanya dalam Satu Hari

Pada dasarnya tubuh kita mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis luka di mulut termasuk sariawan. Namun, seringkali proses penyembuhannya berlangsung lebih lama, dengan beberapa cara berikut ini dapat membantu tubuh kita agar sariawan dapat sembuh dengan cepat dalam satu hari.

  1. Bilas dengan Larutan Garam

Larutan garam adalah obat rumahan yang efektif untuk membantu membersihkan area sariawan dan mempercepat proses penyembuhan. Campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat dan gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama beberapa menit. Lakukan ini beberapa kali sehari, terutama setelah makan.

  1. Hindari Makanan yang Pedas dan Asam

Jika ketika sedang mengalami sariawan, kita dianjurkan utuk menghindari mengonsumsi makanan dan minuman pedas atau asam dapat menyebabkan iritasi pada sariawan dan memperburuk gejalanya. Hindarilah makanan seperti tomat, jeruk, atau makanan pedas selama proses penyembuhan sariawan.

Baca Juga: Hindari Makanan Pedas Ketika Sariawan, Berikut Faktanya

  1. Obati Dengan Bahan Alami

Bahan-bahan alami seperti madu, lidah buaya, atau minyak kelapa dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Oleskan bahan-bahan ini secara langsung pada area sariawan beberapa kali sehari.

  1. Istirahat yang Cukup

Tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup untuk mempercepat proses penyembuhan. Pastikan kita tidur dengan cukup agar tubuh memiliki energi yang cukup untuk melawan infeksi dan memperbaiki jaringan yang rusak.

  1. Oleskan Aloclair Plus Gel

Aloclair Plus Gel dapat memberikan bantuan langsung dengan mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Oleskan Aloclair Plus Gel tipis pada area yang terkena sariawan beberapa kali sehari. Kandungan Glycyrrhetinic Acid dalam gel membantu mengurangi rasa sakit sementara aloe vera membantu proses penyembuhan.

Dengan mengikuti beberapa poin di atas, kita dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan dalam satu hari. Tetapi, jika sariawan terus berlanjut atau menjadi semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan untuk pengecekan lebih lanjut. 

Cara Mencegah Sariawan

Seperti kata pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”, ada baiknya kita mencegah terjadinya sariawan dengan beberapa tips berikut ini, antara lain:

  1. Selalu menjaga kebersihan mulut
  2. Perbanyak minum air putih agar terhidrasi
  3. Hindari menggigit bagian mulut untuk mencegah cedera mulut
  4. Kurangi mengonsumsi rokok dan alkohol
  5. Gunakan produk kesehatan mulut yang sesuai.

Nah, itu dia pembahasan mengenai cara cepat menyembuhkan sariawan dalam satu hari. Perlu diingat bahwa setiap tubuh bereaksi secara berbeda, jadi penting untuk memahami tubuh kita dan mengambil langkah-langkah yang sesuai. 


Artikel

Artikel Lainnya