3 Tips Parenting Untuk Membentuk Karakter Positif Pada Si Kecil

14 June 2022

Hai Moms! Membesarkan dan mendidik anak bukanlah perkara mudah. Kekeliruan orang tua dalam menerapkan pola asuh dapat memengaruhi perilaku anak di kemudian hari lho! Oleh karena itu, sangat penting bagi Moms untuk mempelajari prinsip parenting yang benar agar bisa membentuk karakter positif pada anak. Yuk, perhatikan 3 tips parenting di bawah ini untuk menumbuhkan karakter positif pada anak! 


  1. Menjadi Panutan yang Baik 

Anak cenderung akan meniru apa yang orang tuanya lakukan. Oleh karena itu, menjadi panutan yang baik bagi anak adalah salah satu cara mendidik anak yang penting dilakukan oleh para orang tua. Ketika Moms ingin menanamkan karakter positif pada anak, berilah contoh yang baik pada mereka, seperti misal selalu berkata jujur, berperilaku baik dan santun terhadap orang lain, serta membantu orang lain tanpa mengharap imbalan.


Selain itu, tunjukkan pula kepada anak tentang bagaimana cara hidup sehat, seperti misal mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari, menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur, membuang sampah pada tempatnya, dan selalu berbuat baik kepada sesama. 


  1. Jangan Terlalu Memanjakan Anak 

Sebagai seorang orang tua, Moms mungkin tidak sadar bahwa selama ini Moms selalu menuruti kemauan Si Kecil. Nah, ini saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut sekaligus memberi pembelajaran kepada Si Kecil agar ia tidak terlalu manja. Misalnya, jangan turuti kemauan anak ketika dia menangis atau tantrum karena menolak saat Moms ingin mendidik untuk makan sehat, menonton televisi saat waktunya tidur malam, meminta dibelikan sesuatu yang tidak ia butuhkan, atau ketika ia merengek untuk bermain gadget


Mendisiplinkan anak merupakan salah satu bentuk kasih sayang anak yang penting dilakukan orang tua dalam membentuk karakter yang baik pada anak lho Moms! Kendati demikian, jangan pula memarahi Si Kecil atau bahkan memukulnya ketika ia berbuat kesalahan. Cobalah menegurnya dengan lembut, namun tegas ketika ia berbuat salah dan berikan pemahaman kepadanya. Jangan lupa juga untuk berikan pujian ketika ia melakukan hal yang baik sebab hal ini akan memotivasinya untuk menjadi anak yang baik.


  1. Luangkan Waktu untuk Anak Setiap Hari 

Anak-anak yang tidak mendapatkan perhatian dari orang tuanya, bisa melakukan tindakan tidak baik atau berkelakuan buruk lho Moms! Biasanya, mereka melakukan tindakan tersebut untuk mendapatkan perhatian dari orang tua. Dengan demikian, sesibuk apa pun Moms, usahakan untuk selalu meluangkan waktu untuk terlibat dalam kehidupan Si Kecil ya Moms. Terutama bagi para ayah, ini sangat penting untuk menjalin hubungan ayah dan anak yang baik.


Akan tetapi perlu diingat juga bahwa melibatkan diri dalam kehidupan anak bukan berarti Moms harus terus-menerus berada di sampingnya, lho! Luangkan waktu untuk menjalin hubungan dan kegiatan berkualitas, seperti sarapan bersama, mengantarnya ke sekolah, datang ke setiap acara yang dilakukan anak, atau sebatas berbincang sebelum tidur mengenai kegiatan yang dilakukannya seharian.


Itu dia 3 tips parenting untuk menumbuhkan karakter positif pada Si Kecil ala Aloclair Plus! Jangan lupa, jika Si Kecil sedang sariawan, selalu gunakan obat sariawan berkualitas yang mengandung bahan-bahan alami seperti Aloclair Plus. Terdiri dari varian Mouthwash, Gel dan Spray, Aloclair Plus aman digunakan mulai dari anak usia 2 bulan hingga orang dewasa dan tentunya #BebasPerih gak bikin Si Kecil menangis! Dapatkan Aloclair Plus di ecommerce favorit sobat, apotek terdekat, atau ambil jalan pintas dengan klik di sini!



Artikel

Artikel Lainnya